Sabtu, 29 Desember 2012

Tugas VB

1. Buat database pada microsoft access database. View lalu ke design view dan akan muncul gambar seperti dibawah ini. Save table tersebut.


2. Lalu kembali ke View datasheet view lalu isi data seperti dibawah ini.



3. Buat table baru dengan cara Create ---> table. Kembali ikuti cara 1 dan 2 sehingga muncul tapi dibawah ini.


4. Setelah itu buat query nya dengan cara create query design dan memasukkan table-table tersebut sehingga nanti akan seperti ini.



5. Buat project untuk kali ini kita menggunakan microsoft visual studio dengan cara new project ---> windows form application masukkan nama dari project terus OK.



dan akan muncul gambar seperti dibawah ini



6. Disebelah kanan ada data sources lalu klik add new data sources pilih new connection dan browse file database yang telah kita buat tadi.


lalu pilih table yg mau kita tampilkan di form tersebut. Contoh pilih tabel data mahasiswa



7. Lalu drag and drop data sources tersebut sehingga akan muncul seperti ini


8. untuk label nama dan npm ada pada details dari sources tersebut. Kemudian buat button dengan edit text yg mengubungkan ke form selanjutnya. Pada button di klik sehingga akan muncul layar coding dan masukkan coding "Form2.show ( )". Untuk itu, sebelumnya kita harus membuat form baru terlebih dahulu, dengan cara pada sebelah kanan ada nama form terus klik kanan add new form.


9. Pilih data sources seperti tadi, dengan catatan jangan di overwrite databasenya. Lalu pilih table yang berbeda dari sebelumnya untuk ditampilkan di form ini.


10. Lalu drag and drop seperti yang tadi telah kita lakukan sehingga akan muncul seperti dibawah ini.



11. Lalu buat form baru untuk menampilkan report nya dan dihubungkan dengan button seperti langkah tadi. Dengan coding "Form3.show ( )". Kemudian pada form baru kita membuat report 
wizard dengan cara sama dengan menambahkan form, cuma ini klik reporting dan pilih report wizard seperti gambar dibawah ini.



 12, Setelah itu next terus sampai finish dan muncul gambar seperti ini dan choose report yaitu database yg kita buat tadi.


 Lalu debug dan akan muncul seperti ini dan program pun telah selesai dibuat.....






dan report nya 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Normalisasi 1NF, 2NF, 3NF/BCNF

Normalisasi Table dari 1NF,2NF, 3NF/BCNF Berikut adalah table yang akan kita gunakan Ini adalah unormalized table data yang aka...